I’rab Dzahiri, Taqdiri dan Mahalli
I’rab Dzahiri, Taqdiri dan Mahalli
Pembagian I'rob
1. I’rab Zahiri (لفظی/ظاهری )
I’rab Zahiri (لفظی/ظاهری ) adalah i’rab yang nampak dan terlihat di akhir kata, baik dengan huruf atau dengan harakat. Contohnya: نَصَرَ اللهُ المؤمنَ
اللهُ : fa’il untuk نَصَرَ dan marfu’ dengan i’rab zahiri dan tandanya ialah dhammah. المؤمنَ : maf’ul untuk نَصَرَ dan manshub dengan i’rab zahiri dan tandanya ialah harakat fathah.
2. Taqdiri (تقدیری )
Taqdiri (تقدیری ) adalah i’rab kata-kata yang dikarenakan suatu alasan lalu tidak bisa menerima i’rab zahiri. Isim-isim yang i’rabnya adalah i’rab taqdiri terdiri dari tiga komponen:
a. Isim maqshur ( اسمٌ مقصو ر ): suatu isim yang huruf akhirnya adalah huruf alif maqshurah
( ی - آ ). seperti: کُبرَی – الهُدَی – العَصَا
Pada tiga kondisi i’rab isim maqshur (rafa’, nashab, dan jar) adalah bersifat taqdiri.
Contohnya:
جَاءَ المُرتضَی (kata المُرتضَی secara taqdiri adalah marfu’).
رَأیتُ المُرتضَی (kata المُرتضَی secara taqdiri adalah manshub).
سَمِعتُ مِنَ المُرتَضَی (kata المُرتضَی secara taqdiri adalah majrur).
b. Isim manqush ( اسمٌ منقو ص ): suatu isim yang huruf akhirnya huruf Ya (ي) yang tidak bertasydid dan huruf sebelum Ya (ي) berupa kasrah seperti: الهَادِی – القَادِی – الوَافی
I’rab isim manqush hanya di dua kondisi (rafa’ dan jar) berupa taqdiri dan adapun i’rabnya ketika nashab ialah bersifat zahiri.
Contoh:
جاءَ الهَادِی (kata الهَادِی adalah marfu’ secara taqdiri).
رَأیتُ الهَادِیَ (kata الهَادِی adalah manshub secara zahiri/lafzi).
سَمِعتُ مِن الهَادِی (kata الهَادِی adalah majrur secara taqdiri).
Isim yang bersambung dengan dhamir mutakallim wahdah (ي) seperti: کِتَابِي – عَینِي – أبي , dari sisi i’rabnya, baik i’rab rafa’, nashab dan jar, adalah bersifat taqdiri. Contoh: قال أبي (kata أبي adalah marfu’ secara taqdiri). رأیتُ أبي (kata أبي adalah manshub secara taqdiri). سمعتُ مِن أبي (kata أبي adalah majrur secara taqdiri).
3. I’rab Mahalli (محلی )
I’rab Mahalli (محلی ) adalah ketika kata (کلمة ) yang mabni atau kalimat (جملة ) atau serupa kalimat (شبه الجملة ) menduduki tempat kata (کلمة ) yang mu’rab, maka i’rabnya akan berupa i’rab Mahalli. Contohnya: نَصَرَ هذا ذَاكَ
هذا : fa’il untuk نصر dan mahallan marfu’ sebab هذا adalah isim isyarah ( إسم إشارة ) dan mabni dan juga terletak atau berada di posisi dimana seharusnya menerima rafa’. Makanya ia mahallan marfu’ (محلاً مرفوع ). ذَاكَ : maf’ulun bihi dan mahallan manshub (محلاً منصوب ).
Catatan:
kalimat (جملة ) atau serupa kalimat (شبه الجملة ) sehukum dengan kata mabni (کلمة مبنیة ). Dengan demikian, i’rabnya juga adalah mahallan (محلاً ).
Rangkuman I’rab Zahiri, Taqdiri dan Mahalli
I’rab pada kata mu’rab ada dua. Pertama: zahiri ketika i’rab di akhirnya zahir. Kedua: taqdiri ketika i’rab di akhirnya tidak zahir. I’rab pada kata mabni adalah mahalli dan itu ketika terletak dan menduduki posisi kata yang mu’rab.